Oleh Tim Edukasi PSHE

Di era saat ini ketika limpahan informasi yang tumpang tindih dapat diakses dalam hitungan klik dan ketukan, kita seringkali merasa kesulitan untuk menyaring dan mengidentifikasi informasi tepercaya yang mempengaruhi kesehatan kita. Bulan ini dalam Edukasi PSHE, kami berdiskusi dengan siswa tentang pentingnya mengakses informasi tentang kesehatan mereka dari sumber-sumber yang dapat dipercaya. Namun, percakapan dengan orang tua di rumah tentang kesehatan siswa juga harus didasarkan pada sumber yang sama-sama dapat diandalkan.

Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk mendukung siswa:

  1. Mintalah saran dari praktisi medis yang berlisensi dan aktif

Para dokter praktik dituntut untuk selalu meng-update keterampilan dan pengetahuan mereka melalui pelatihan secara berkala, dan mampu memberikan informasi kesehatan terkini dari sesama rekan ahli.

2.  Cari tahu dari siapa informasi itu berasal

Tidak semua sumber online memiliki bobot yang sama. Sebelum mengambil saran dari informasi yang ditemukan secara online, tanyakan pada diri Anda sendiri dan selidiki, “Apakah informasi tersebut ditulis oleh seorang ahli medis?”, “Apakah mereka saat ini masih berpraktik kedokteran?”, “Apakah informasi tersebut telah ditinjau atau diperiksa oleh ahli medis lainnya?”

3.  Hindari menyebarkan informasi yang belum diverifikasi di media sosial atau siaran/broadcast obrolan pribadi

Informasi yang disebarkan melalui platform ini seringkali tidak berdasar atau belum diperiksa faktanya. (Enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp, khususnya, menciptakan peluang penyebaran disinformasi karena pesan kontenmya tidak dapat dipantau dan diatur). Pesan tersebut mungkin juga telah dibuat, ditafsirkan, dan/atau dikemas ulang dari materi aslinya oleh orang-orang yang tidak terlatih/bukan ahlinya.

Situs web terpercaya:

Namun harap dicatat bahwa pengaksesan sumber daya online tetap tidak bisa menggantikan buku bacaan. Hal ini terkait dengan diagram Pak JonC tentang dampak positif membaca.

https://www.bbc.com/reel/video/p08k84jw/why-the-way-our-children-watch-screens-matters

Cart
  • No products in the cart.